Kumpulan Artikel

6 Nov

Artikel berbagai kesehatan

 

Gusi Bengkak? Mungkin anda pernah mengalaminya. Pembengkakan pada gusi yang menyebabkan rasa sakit pada gusi ini dinamakan Gingivitis, yaitu kondisi gusi ke-merahan, bengkak atau tampak lebih “gemuk” dan tampak mengkilat, mudah berdarah secara spontan atau saat menyikat gigi, dan sering kali terjadi bersamaan dengan akumulasi tartar atau kalkulus (karang gigi) di sekitar permukaan gigi yang berbatasan dengan gusi.

 

Penyebab gusi bengkak umumnya dikarenakan adanya bakteri pada plak yang menginfeksi jaringan gigi, sehingga menyebabkan infeksi pada gigi dan membuat gusi bengkak, kemerahan, mudah berdarah, dan sakit. Pada kasus lanjut akhirnya gigi menjadi goyang bahkan lepas.

 

Untuk mengobati gigi bengkak secara tradisional, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan:

 

Obat Tradisional Gusi Bengkak Ke-1

Campurkan garam dalam air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur. Setelah berkumur dengan air garam, bilas mulut dengan air putih.

 

Obat Tradisional Gusi Bengkak Ke-2

Terapkan minyak cengkeh pada gusi yang bengkak dengan sedikit lada hitam untuk membantu meredakan rasa sakit pada gusi.

 

Itulah cara alami untuk mengatasi/ mengobati gusi bengkak yang bisa anda terapkan dirumah.  Selain cara-cara diatas, anda juga bisa membaca artikel seputar gigi dan mulut berikut: cara mengatasi karang gigi, cara mengatasi bau mulut, dan cara memutihkan gigi. Semoga bermanfaat!

 

KESEHATAN: Telinga Nyeri, Waspadai Radang!

Rabu, 25 Juli 2012 09:57 WIB | Pamuji Tri Nastiti/JIBI/Harian Jogja | Dilihat: 4420 Kali

 | 

 

ilustrasi

Telinga terasa nyeri saat dipegang perlu diwaspadai, bisa saja itu merupakan gejala radang telinga. Radang telinga memang kadang disertai ciri-ciri bengkak dan gangguan pendengaran pada bagian telinga dalam.

Gejala pada penyakit ini berbeda-beda. Radang telinga tengah dalam bahasa medisnya disebut acute otitis media. Menurut dokter spesialis THT, Supriyati, penyakit itu merupakan infeksi atau peradangan yang disebabkan virus maupun bakteri.

“Penyebabnya akan memengaruhi telinga bagian tengah, ruang berisi udara di belakang gendang telinga,” katanya kepada Harian Jogja, Selasa (24/7).

Penyebab radang telingan bisa diketahui berdasarkan gejala-gejalanya. Menurutnya, dua jenis radang telinga yakni otitis eksterna dan otitis media. Karena itu penyebab sakit telinga tersebut memiliki gejala yang berbeda.

Gangguan yang menyerang bagian dalam telinga, lanjutnya, biasa terjadi pada anak-anak. Tetapi, faktor kebersihan dan serangan bakteri maupun virus yang ada tidak menutup kemungkinan penyakit akan menyerang orang dewasa.

Gejala-gejala otitis eksterna yakni nyeri kecil dengan rasa panas seperti terbakar, bengkak dan terasa buntu. Sementara gejala paling umum pada otitis media yakni demam, kehilangan kepekaan terhadap suara, nyeri dan terasa tidak nyaman pada telinga. Pada penderita anak-anak, jenis radang telinga akan juga disertai diare, nafsu makan berkurang, dan rewel.

Berada di bagian dalam gendang telinga, radang telinga menyebabkan rasa nyeri yang kuat. Nyeri itu menurut Supriyati karena peradangan dan juga penumpukan cairan di dalam telinga bagian tengah. “Keluhannya nyeri di telinga, entah karena luka, bengkak, ataupun efek dari penyakit sekitar THT,” jelas dokter di RS Jogja itu.

Disampaikan juga, serangan bagian dalam telinga bisa terjadi akibat penyakit lain seperti influenza maupun demam. Pada penderita influenza akut kadangkala menyebabkan pembengkakan pada saluran hidung, tenggorokan, dan tabung eustachius atau lubang hidung bagian belakang.

Menurut Supriyati, radang yang banyak terjadi pada anak-anak itu bisa diketahui dari beberapa ciri atau efek yang ditimbulkannya. Efek tersebut misalnya anak susah tidur dan rewel, kurang bisa mendengarkan saat diajak bicara, merasa pusing, sakit tenggorokan, hingga nafsu makan menurun.

Ketika diperiksakan ke dokter biasanya sakitnya sudah cukup parah. Supriyati menyampaikan, pertolongan pertama untuk pengobatan akan diberikan dengan meneteskan obat khusus dengan dosis tertentu. “Ada obat tertentu, untuk anak-anak maupun dewasa. Obat cairan biasanya diteteskan sekaligus antibiotik,” terang dia.

Pengobatan selanjutnya disesuaikan dengan penyebab dari penyakit. Jika penyakit disebabkan bakteri atau virus, dibutuhkan antibiotik guna membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan peradangan telinga. Antibiotik yang diberikan pun harus disesuaikan dengan virus atau bakteri penyebabnya.

Gejala Radang Telinga

– Sakit telinga, disebabkan adanya tekanan dari cairan yang terkumpul di dalam telinga tengah pada gendang telinga

– Demam tinggi, kadang disertai diare

– Selera makan turun atau hilang, karena telinganya sakit pada saat mengunyah dan menelan

– Keluarnya cairan dari lubang telinga yang menandai robeknya gendang telinga akibat tekanan cairan

– Peradangan umumnya juga disertai dengan demam, mual-mual, muntah, dan sakit kepala

Diolah dari berbagai sumber

Tips Menjaga Kesehatan Mata

DokterSehat – Pola hidup sekarang dimana mata banyak digunakan secara berlebihan menyebabkan stres pada mata tanpa sering kita sadari. sadarkah anda jumlah orang yang memakai kacamata dari tahun ke tahun bertambah dengan drastis? Berikut adalah tips-tips untuk menjaga mata kita agar selalu tetap sehat

1. Periksa mata setiap 12 bulan

Masalah penglihatan yang tidak ditangani akan berkembang semakin parah , sebaiknya dihindari memakai lensa kontak atau kacamata yang tidak lagi cocok untuk anda karena dapat menyebabkan masalah penglihatan dan sakit kepala.

2. Kacamata anti-UV
Sinar UV dapat membuat kerusakan serius pada mata. Kacamata yang baik dapat mencegah hal ini. Ketika membeli kacamata, pastikan yang dapat memantulkan paling tidak 98% radiasi UV.

3. Nutrisi untuk Mata
Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa vitamin dan kelompok antioksidan dapat mencegah, atau paling tidak memperlambat degenerasi makular dan pertumbuhan katarak. Nutrisi yang baik bagi tubuh juga baik untuk mata.

4. Penggunaan cahaya yang cukup
Bekerja dengan cahaya minim dapat menyebabkan kelelahan mata, tapi cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Arah cahaya terbaik jika bekerja menggunakan komputer adalah dari lampu meja bercahaya lembut dari arah samping. Kurangi tingkat terang (brightness) monitor. Warnanya memang jadi tak terlalu tajam, tapi mata akan jadi lebih nyaman.

5. Istirahatkan mata Anda
Hampir semua orang merasakan mata mereka jadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan mata jadi kering. Satu hal yang bisa dilakukan adalah menutup mata Anda dan menghitung sampai 5 sebelum membukanya kembali. Hal lainnya adalah berpaling dari layar monitor dan fokus pada sebuah objek yang jauh. Lakukan ini selama beberapa menit setiap 30 menit.

6. Cari lensa kontak dengan kualitas baik
Tidak semua lensa kontak sama. Ada yang aman untuk mata Anda, dan ada juga yang beresiko merusak mata.
7. Jika memakai lensa kontak, rawatlah dengan baik
Lensa kontak tidaklah begitu merepotkan, tapi Anda juga tak dapat mengabaikan kebersihannya. Setiap kali akan memakai atau melepaskan lensa kontak Anda, bilaslah. Anda juga harus mengganti cairannya, ketika Anda menaruh di tempatnya waktu Anda tidur di malam hari.

8. Pakailah lensa kontak sesuai jadwal yang disarankan
Ada orang yang berbiat menghemat dengan memakai lensa kontak lebih lama daripada yang dimaksudkan. Ini bukanlah hal yang baik. Meskipun kulitas lensanya tidak akan berkurang, tumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan Anda. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah, semakin lama Anda memakai lensa kontak Anda, semakin tinggi resiko mata Anda terkena infeksi.

9.Gunakan filter monitor.
Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Berbicaralah pada vendor perlengkapan komputer anda untuk mendapatkan filter yang baik dan mampu mengurangipengaruh radiasi, bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor.

10. Letakkan kertas kerja agar mudah dibaca saat di depan komputer.
Jika anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda. Ini agar anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja anda, setelah membaca di layar monitor.

 

Artikel Terdapat di Berbagai Kuliner Nusantara Kategori

Wisata Kuliner Laksa Tangerang

oleh geDoor pada Jun 25, 2012 | 1 Komentar

Prev 5-5 Next Wisata Kuliner Laksa Tangerang Laksa adalah makanan berjenis mie yang dipengaruhi kebudayaan Peranakan, yang digabung dengan elemen Tionghoa dan Melayu. Laksa memiliki beberapa jenis varian, yang paling dikenal adalah yang jenis Laksa Penang, bentuk mienya bulat putih dan sedikit tebal. Di Indonesia juga terdapat beberapa jenis laksa seperti Laksa Bogor dan Laksa […]

Termuat di Berbagai Kuliner Nusantara

Nasi Kapau

oleh Eko pada Jun 07, 2012 | Tidak ada Komentar

Racikan Lengkap Bumbu Minang Senja diantara hiruk-pikuk Kota terlihat sangat menjemukan, wilayah Senent ermasuk bagian Jakarta yang cukup padat pada saat-saat itu. Ratusan kendaraan berjejalan seperti pawai berhimpitam. Namun Pedagang Nasi Kapau justru memulai pekerjaannya disaat waktu yang tepat. Sebab Bisa saja para pengendara akansejenak beristirahat sambil menikmati hidangan yang tersedia menunggu rapatnya kendaraan sedikit […]

Termuat di Berbagai Kuliner Nusantara

Sate Kambing Batibul Laka-laka

oleh Eko pada Jun 01, 2012 | 1 Komentar

Sate Kambing Batibul Laka-laka Anda penggemar makanan jenis Sate? Ada banyak jenis panganan Sate di sekitar kita. Ada Sate Padang, Sate Ayam, Sate Kikil hingga Sate Kambing. Olahan Sate Kambing tak hanya dijajakan di pinggir jalan saja, tetapi juga di restoran. Sebut saja, salah satunya Sate Kambing Batibul Laka-Laka. Dari namanya mungkin akan terkesan asing […]

Termuat di Berbagai Kuliner Nusantara

Mpek-Mpek Kapal Selam 979

oleh Eko pada Jun 01, 2012 | Tidak ada Komentar

Mpek-Mpek Kapal Selam 929 Anda menyukai makanan Mpek-Mpek? Apalagi yang jenisnya Kapal Selam? Coba saja datang ke La Piazza Sentra Kelapa Gading Jakarta Utara. Di event yang berlangsung sampai 3 Juni 2012 ini sudah dijual berbagai macam makanan asli Indonesia, salah satunya Mpek-Mpek 929. Bentuknya bulat dan di atasnya ditaburi dengan mie kuning, Bihun, potongan […]

Termuat di Berbagai Kuliner Nusantara

Rujak Juhi Pak Tata

oleh Eko pada Mei 31, 2012 | Tidak ada Komentar

Prev 4-5 Next Rujak Juhi Pak Tata Biasanya rujak identik dengan buah. Contohnya seperti Rujak bebek, Rujak serut. Tak lupa Rujak potongan yang dijual di pinggir jalan. Kali ini Rujak yang disajikan cukup unik dan berbeda. Karena Rujak tersebut tak dibuat dari buah-buahan melainkan dari mie kuning. Ya, namanya Rujak Juhi Pak Tata. Makanan ini […]

Termuat di Berbagai Kuliner Nusantara

Lemang Putra Sipirok

oleh Eko pada Mei 14, 2012 | 2 Komentar

Prev 3-5 Next Lemang Putra Sipirok Penganan yang satu ini tentu sudah anda kenal sejak anda masih kecil, mungkin bila anda tinggal dijakarta, pasti mengenal uli ketan yang dicampur dengan tape ketan hitam. Namun asal muasal penganan ini yakni Sumatra dikenal dengan istilah Lemang. Selalu disajikan pada saat saat hari besar. Lemang Tak berbeda jauh […]

Termuat di Berbagai Kuliner Nusantara

Sayur Pucung Gabus Khas Betawi Pak H. Ahmad Effendy

oleh Eko pada Mei 08, 2012 | 2 Komentar

Prev 1-5 Next Rumah Makan Meriah Nasi Uduk Pucung Gabus Khas Betawi H. Ahmad Effendy Rumah Makan Meriah Nasi Uduk Pucung Gabus Khas Betawi H. Ahmad Effendy Anda penggemar menu makanan asli Jakarta? Sudah pernah mencoba masakan bernama Sayur Pucung Gabus? Datang saja ke rumah makan murah meriah Nasi uduk Khas Betawi dan Pucung Gabus […]

Termuat di Berbagai Kuliner Nusantara

Martabak Asli Bandung San Francisco

oleh Eko pada Mei 03, 2012 | 2 Komentar

Martabak Manis Dan Telor Martabak Manis Dan Telor Welcome wisata kuliner Jalan Pecenongan, itulah tulisan di gapura dengan hiasan lampu yang menyala terang menandakan bahwa kawasan ini merupakan salah satu lokasi tempat makan favorit di bilangan Jakarta Pusat. Memang banyak bertebaran restoran sampai kaki lima yang memenuhi pinggiran jalan yang terbilang sangat ramai tiap harinya […]

Termuat di Berbagai Kuliner Nusantara, Videos

Pempek Pak Raden

oleh Eko pada Apr 18, 2012 | Tidak ada Komentar

Pempek Pak Raden Empek-empek atau Pempek merupakan makanan khas Palembang yang dibuat dari perpaduan ikan dan tepung juga bumbu penyedap ditambah cuka (cuko). Mekipun makanan khas dari Palembang, namun penggemarnya telah menyebar dari beberapa kalangan tidak hanya yang berasal dari Sumatera. Salah satu tempat yang terbilang ternama menyajikan kuliner jajanan berkategori berat ini adalah Pempek […]

Termuat di Berbagai Kuliner Nusantara

Woku – Woku (Menu Baru)

oleh Eko pada Mar 16, 2012 | Tidak ada Komentar

Olahan Spesial Cumi Ala Woku Woku Restoran Manado Woku Woku kembali mengeluarkan menu baru yang layak anda cicipi. Menu tersebut adalah Cumi Cabai Garam, mendengarnya saja sudah terbayang di kepala bahwa pasti pedas dan asin. Tapi nanti dulu hal itu belum sepenuhnya benar bila anda telah mencicipinya. Cumi Cabai Garam ala Woku Woku cukup spesial […]

ARTIKEL DIET SEHAT – MENU DIET – PROGRAM DIET ALAMI Tips Diet – Cara menurunkan berat badan – Tips Diet Sehat Alami ini merupakan postingan khusus buat diriku sendiri dan sekalian share buat sobat sekalian yang juga punya masalah dengan yang namanya berat badan. Tidak tahu kenapa, badan ini tambah subur aja padahal intensitas kerja kian meningkat. Sepertinya sudah saatnya menerapkan jurus tips diet dengan menu diet special agar program diet yang dijalankan dapat berhasil (berharap mode on) Beragam Tips Diet tentunya sangat mudah di dapat melalui media online dan rata2 semuanya menyajikan hal yang sama. Dan melalui postingan ini goceng blog akan mencoba meramu menjadi satu dan tentunya nanti akan sekalian dipraktekkan juga siapa tahu bisa kembali langsing seperti dulu. Apakah akan berhasil ? Ayo kita baca sampai habis dahulu kemudian kalo sreg silahkan Tips Diet nya dicoba dijalankan… Semoga aja dapat berhasil menurunkan berat badan, yach.. minimal mengecilkan jari kelingking xixixixi… TIPS DIET SEHAT – MENU DIET – PROGRAM DIET ALAMI Menu Diet – Program Diet – Tips Diet Menu Diet Sehat Minimal 3 dari 4 jenis / kategori makanan berikut wajib di konsumsi setiap kali makan; 1. Roti, Sereal dan Gandum 2. Buah dan Sayuran 3. Susu Rendah lemak dan kedelai 4. Daging rendah Lemak, Ikan dan Kacang Karbohidrat seperti pada roti, sereal dan gandum merupakan pondasi dari setiap asupan makanan dan protein sebagai pelengkapnya. Dari sekarang mulailah untuk menyukai makanan alami seperti buah-buahan dan sayuran dan kurangi kebiasaan makanan olahan, karena biasanya lebih rendah jumlah serat (tidak mengenyangkan) Program Diet Yang Tepat Menjalankan Program Diet merupakan suatu tantangan, namun pada dasarnya hal yang paling penting dalam teknik ini adalah dengan tetap bekerja dan berolahraga teratur sehingga anda akan tetap fit sepanjang hari. Dengan latihan atau berolahraga adalah cara terbaik yang tepat dan alami untuk menggunakan kalori yang berlebihan bahkan akan tetap membakar kalori walaupun olahraga telah selesai dilaksanakan. Program diet yang lain yang bisa diikuti adalah dengan mengintip cara diet artis atau superstar karena biasanya mereka mempunyai program diet yang gila-gilaan. Cari tahu kenapa mereka tetap tampak begitu bugar dan sehat. Walaupun demikian tidak boleh memaksakan rencana program diet pada diri sendiri tapi harus dinikmati. Ingat ! memulai adalah langkah yang paling sulit akan tetapi inilah kunci keberhasilan dari program diet yang telah direncanakan. Tips Diet Sehat 1. Hindari Lemak dan Kurangi Karbohidrat Karbohidrat tetap perlu dalam program menurunkan berat badan tapi lebih baik asupannya dikurangi 2. Kurangi Kalori Kalori dalam bentuk cairan dapat meningkatkan dan menyebabkan penambahan berat badan dengan cepat. Kurangi kebiasaan mengkonsumsi minuman berkalori tinggi seperti pada softdrink atau soda, kopi dan alkohol. Lebih baik mengkonsumsi air putih / mineral minimal sebanyak 8 gelas per hari untuk kelancaran program diet. 3. Makan Teratur ( 3 kali sehari ) Dengan makan teratur 3x sehari, tetunya dalam porsi yang sedikit merupakan program diet yang paling optimal. Jangan mengurangi frekuensi makan, karena hal ini justru akan memperlambat metabolisme bahkan dapat berujung sakit maag. 4. Makan terakhir : 3 jam sebelum tidur Makan mendekati jam tidur akan menyebabkan makanan terlambat untuk diubah menjadi energi oleh tubuh. Akibatnya penumpukan lemak akan bertambah, jika lapar, lebih baik mengkonsumsi susu non fat ataupun makanan nutrisi yang rendah kalori. 5. Olahraga Teratur Berolahraga seperti yang sudah dibahas diatas merupakan elemen yang tidak terpisahkan dalam menjalankan tips diet. Dengan rutin berolahraga otomatis banyak lemak yang terbakar selain itu pula banyak manfaat kesehatan yang bisa dipetik dari olahraga. Waktu yang paling tepat adalah pagi hari, karena saat itu perut sudah kosong dan tentunya pembakaran akan lebih cepat mengambil lemak-lemak yang tersisa. 6. Hindari Eskalator Erat kaitannya dengan point 5, sekecil apapun kegiatan sobat akan sangat bermanfaat dalam menjalankan propram diet. 7. Istirahat yang Cukup Waktu istirahat yang baik adalah 6 – 8 jam sehari, pergunakan waktu ini sebaik-baiknya agar tubuh tetap bugar dan sehat. Itulah informasi Tips Diet Sehat alami yang mungkin sobat butuhkan yang dimulai dari Menu Diet, Program Diet dan Tips Diet Sehat. OKs… Selamat menjalankan Tips Diet, semoga sukses. Info lain bisa sobat baca: Cara Download Video Youtube atau sobat sedang kasmaran??? silahkan baca2 Kata Kata Cinta ala goceng blog 🙂 Read more at:

 

ARTIKEL ISLAM, MAKALAH, KHUTBAH JUMAT DAN INFORMASI

Website ini berisi tentang makalah islam, artikel islam (islamic article), khutbah Jumat, buku-buku, e-book (electronic book), informasi beasiswa, dan lain-lain

Selasa, 18 Desember 2007

Hukum Iuran Kurban

BOLEH BERGOTONG ROYONG (IURAN) DALAM BERKURBAN

 

Pertanyaan

Lajnah Da’imah Lil Buhuts Al-Ilmiah Wal Ifta ditanya : Bolehkah bergotong-royong (iuran) dalam berkurban ? Berapa jumlah kaum muslimin seharusnya dalam bergotong-royong (iuran) melakukan kurban? Apakah harus dari satu keluarga ? Dan apakah bergotong-royong semacam itu bid’ah atau tidak?

 

Jawaban

Seorang laki-laki diperbolehkan melakukan kurban atas nama dirinya dan anggota keluarganya dengan satu ekor kambing. Dasarnya, hadits shahih dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau berkurban dengan satu ekor kambing , atas nama diri beliau sendiri dan atas nama keluarganya. [Hadits Muttafaqun Alaih]

 

Juga hadits yang diriwayatkan oleh Imam Malik, Ibnu Majah dan Tirmidzi dan beliau menshahihkannya.

 

Dari Atha’ bin Yasir, ia berkata, “Saya bertanya kepada Abu Ayyub Al-Anshari, bagaimana kurban-kurban yang sekalian (para sahabat) lakukan pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam” Abu Ayyub menjawab, “Pada zaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam seseorang berkurban dengan satu ekor kambing atas nama dirinya dan atas nama keluarganya. Maka mereka memakannya dan memberi makan orang lain. Kemudian orang-orang bersenang-senang, sehingga jadilah mereka sebagaimana yang engkau lihat.” [HR Malik, kitab Dhahaya, Bab Asy-Syirkah Fi Adh-Dhahaya dan Ibnu Majah, Shahih Ibnu Majah no. 2563 dan lain-lain].

 

Sedangkan satu ekor unta dan setu ekor sapi, sah untuk gabungan tujuh orang. Baik mereka berasal dari satu keluarga atau dari orang yang bukan dari satu rumah. Baik mereka punya hubungan kerabat ataupun tidak. Sebab Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengijinkan para sahabat untuk bergabung dalam (berkurban) unta dan sapi. Masing-masing tujuh orang. Wallahu a’lam. [Fatwa No. 2416]

 

Pertanyaan

Lajnah Da’imah Lil Buhuts Al-Ilmiah Wal Ifta ditanya : Ayah seorang laki-laki meninggal dunia. Dan dia ingin menyembelih kurban atas nama ayahnya. Tetapi ada beberapa orang menasihatinya “tidak boleh menyembelih unta untuk kurban satu orang. Sebaiknya kambing saja, itu lebih utama dari pada unta. Orang yang mengatakan kepadamu sembelihlah unta maka orang ini keliru. Sebab unta tidak boleh untuk kurban, kecuai gabungan dari sekelompok orang”, benarkah?

 

Jawaban

Dibolehkah menyembelih binatang kurban atas nama orang yang telah meninggal dunia tersebut baik dengan seekor kambing atau seekor unta. Orang yang mengatakan, bahwa unta hanya untuk gabungan sekelompok orang, maka itu keliru. Sedangkan kambing tidak sah, kecuali untuk satu orang (pelaku kurban). Namun pelakunya itu bisa menyertakan orang lain dari anggota keluarganya dalam pahalanya. Adapun unta, boleh untuk pelaku satu orang atau tujuh orang, yang mereka beriuran dalam hal harganya. Kemudian, sepertujuh dari daging kurban unta itu merupakan kurban dari masing-masing tujuh orang. Sapi, dalam hal ini sama hukumnya seperti unta. [Fatwa No. 3.055]

 

BOLEHKAH DAGING KURBAN DIMAKAN BERSAMA-SAMA?

 

Pertanyaan:

Lajnah Da’imah Lil Buhuts Al-Ilmiah Wal Ifta ditanya : Orang-orang pedalaman memasak daging kurban bersama-sama dan tidak membagikan daging tersebut. Kemudian mereka berkumpul bersama seperti walimah (pesta). Saya katakan kepada mereka : “Kalian bagi-bagikan lebih utama”. Tetapi mereka menjawab : “Masing-masing kami berkurban dengan satu ekor kurban. Dan setiap hari, kami makan bersama daging kurban tersebut di tempat masing-masing orang yang berkurban di antara kami (secara bergilir)”. Juga dibolehkan memecah-mecahkan tulangnya atau tidak ?

 

Jawaban

Bagi sekelompok orang, diperbolehkan masing-masing untuk menyembelih seekor binatang kurban pada hari-hari Ied, yaitu Idul Adha dan tiga hari sesudahnya (tasyriq). Dan mereka, boleh memecahkan tulangnya, kemudian memasaknya dan memakannya secara bersama-sama tanpa dibagi-bagikan. Sebagaimana diperbolehkan pula mereka membagi-bagikannya di kalangan mereka sebelum atau sesudah dimasak untuk dishadaqahkan. [Fatwa No. 3055]

 

RITUAL QURBAN

 

Ayat dalam Al Qur’an tentang ritual kurban antara lain : surat Al Kautsar ayat 2: Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah (anhar). Sementara hadits yang berkaitan dengan kurban antara lain: “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat Ied kami.” (HR. Ahmad dan ibn Majah).

 

                Hadits Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.” Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” HR. Ahmad dan ibn Majah

 

                “Jika masuk tanggal 10 Dzul Hijjah dan ada salah seorang diantara kalian yang ingin berqurban, maka hendaklah ia tidak cukur atau memotong kukunya.” HR. Muslim

 

                “Kami berqurban bersama Nabi SAW di Hudaibiyah, satu unta untuk tujuh orang, satu sapi untuk tujuh orang. “ HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi.

 

HUKUM QURBAN

 

Mayoritas ulama dari kalangan sahabat, tabi’in, tabiut tabi’in, dan fuqaha (ahli fiqh) menyatakan bahwa hukum qurban adalah sunnah muakkadah (utama), dan tidak ada seorangpun yang menyatakan wajib, kecuali Abu Hanifah (tabi’in). Ibnu Hazm menyatakan: “Tidak ada seorang sahabat Nabi pun yang menyatakan bahwa qurban itu wajib.

 

SYARAT-SYARAT QURBAN

 

Syarat dan ketentuan pembagian daging kurban adalah sebagai berikut :

 

  • · Orang yang berkurban harus mampu menyediakan hewan sembelihan dengan cara halal tanpa berutang.

 

  • · Kurban harus binatang ternak, seperti unta, sapi, kambing, atau biri-biri.

 

  • · Binatang yang akan disembelih tidak memiliki cacat, tidak buta, tidak pincang, tidak sakit, dan kuping serta ekor harus utuh.

 

  • · Hewan kurban telah cukup umur, yaitu unta berumur 5 tahun atau lebih, sapi atau kerbau telah berumur 2 tahun, dan domba atau kambing berumur lebih dari 1 tahun.

 

  • · Orang yang melakukan kurban hendaklah yang merdeka (bukan budak), baligh, dan berakal.

 

  • · Daging hewan kurban sebaiknya dibagi tiga, 1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 bagian dihadiahkan kepada orang lain.

Global Warming

 

Global warming atau pemanasan global adalah proses peningkatan suhu bumi yang diakibatkan oleh efek rumah kaca. Apakah efek rumah kaca tersebut? Efek rumah kaca adalah efek yang dihasilkan gas-gass rumah kaca yang menahan sinar matahari agar tetap di dalam bumi dan tidak mengalami radiasi ke luar angkasa. Efek rumah kaca ini sangat berguna bagi kehidupan di bumi karena jika tidak ada efek ini, suhu bumi akan sangat dingin.

Apa sajakah yang termasuk gas-gas rumah kaca tersebut? Gas rumah kaca yang paling berpengaruh adalah karbondioksida, metana, dan dinitro oksida. Sedangkan gas-gas rumah kaca yang lain tidak terlalu berpengaruh banyak.

Efek rumah kaca wajar terjadi di alam. Tetapi jika jumlah gas rumah kaca ini melebihi batas normal, maka peningkatan suhu bumi juga akan semakin besar. Ini dinamakan oleh para ilmuwan dengan Global Warming atau pemanasan global. Suhu Bumi meningkat dikarenakan panas yang diterima Bumi tidak dapat diradiasikan ke luar angkasa kembali. Karena suhu Bumi yang semakin panas, terjadi perubahan iklim dunia atau yang disebut Climate Change.

Gas rumah kaca yang menyebabkan Global Warming ini dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil yang digunakan dalam berbagai aktivita kehidupan manusia seperti industri dan transportasi. Jika peningkatan suhu Bumi dibiarkan, maka seluruh es yang ada di Bumi ini akan mencair dan akibatnya permukaan laut akan naik. Inilah yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan perubahan muka daratan bumi.

Untuk menanggulangi pemanasan global, emisi gas rumah kaca ini harus dikurangi atau dihilangkan. Untuk itu, perlu dicari bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan dan tidak mengeluarkan emisi gas rumah kaca.

Tips Mengurangi Global Warming

Sebenarnya kita tidak memerlukan perubahan yang radikal untuk membantu Bumi ini menjadi lebih bersahabat. Ubahlah beberapa rutinitas yang dapat menurunkan “jejak karbon” Anda. Yang pada akhirnya akan menghemat uang Anda juga. Tetapi yang terpenting adalah kita memberikan anak cucu kita tempat yang lebih baik untuk ditinggali.

Berikut ini adalah tips-tips yang sederhana tetapi sangat bermanfaat jika kita melakukannya secara rutin. Tips-tips untuk mengurangi global warming ini sudah dibagi menjadi beberapa kategori yang dapat memudahkan anda mengingat dalam melaksanakannya.

Bidang Makanan dan Minuman

  1. Kurangi konsumsi daging, bervegetarian adalah yang terbaik! Berdasarkan penelitian, untuk menghasilkan 1 kg daging, sumber daya yang dihabiskan setara dengan 15 kg gandum. Bayangkan bagaimana kita bisa menyelamatkan bumi dari kekurangan pangan jika kita bervegetarian. Peternakan juga penyumbang 18% “jejak karbon” dunia, yang mana lebih besar dari sektor transportasi (mobil, motor, pesawat, dll). Belum ditambah lagi dengan bahaya gas-gas rumah kaca tambahan yang dihasilkan oleh aktiitas peternakan lainnya seperti metana yang notabene 3 kali lebih berbahaya dari CO2 dan gas NO yang 300 kali lebih berbahaya dari CO2. Dan yang pasti banyak manfaat kesehatan dan spiritual dari bervegetarian. Anda akan menjadi lebih sehat dan pengasih.
  2. Makan dan masaklah dari bahan yang masih segar. Menghindari makanan yang sudah diolah atau dikemas akan menurunkan energi yang terbuang akibat proses dan transportasi yang berulang-ulang. Makanan segar juga lebih sehat bagi tubuh kita.
  3. Beli produk lokal, hasil pertanian lokal sangat murah dan juga sangat menghemat energi, terutama jika kita menghitung energi dan biaya transportasinya. Makanan organik lebih ramah lingkungan, tetapi periksa juga asalnya. Jika diimpor dari daerah lain, kemungkinan emisi karbon yang dihasilkan akan lebih besar daripada manfaatnya.
  4. Daur ulang aluminium, plastik, dan kertas. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa menggunakannya berulang-ulang. Energi untuk membuat satu kaleng alumunium setara dengan energi untuk menyalakan TV selama 3 jam.
  5. Beli dalam kemasan besar. Akan jauh lebih murah, juga menghemat sumber daya untuk kemasan. Jika terlalu banyak, ajaklah teman atau saudara Anda untuk berbagi saat membelinya.
  6. Matikan oven Anda beberapa menit sebelum waktunya. Jika tetap dibiarkan tertutup, maka panas tersebut tidak akan hilang.
  7. Hindari fast food. Fast food merupakan penghasil sampah terbesar di dunia. Selain itu konsumsi fast food juga buruk untuk kesehatan Anda.
  8. Bawa tas yang bisa dipakai ulang. Bawalah sendiri tas belanja Anda, dengan demikian Anda mengurangi jumlah tas plastik/kresek yang diperlukan. Belakangan ini beberapa pusat perbelanjaan besar di Indonesia sudah mulai mengedukasi pelanggannya untuk menggunakan sistem seperti ini. Jadi sambutlah itikad baik mereka untuk menyelamatkan lingkungan.
  9. Gunakan gelas yang bisa dicuci. Jika Anda terbiasa dengan cara modern yang selalu menyajikan minum bagi tamu dengan air atau kopi dalam kemasan. Beralihlah ke cara lama kita. Dengan menggunakan gelas kaca, keramik, atau plastik food grade yang bisa kita cuci dan dipakai ulang.
  10. Berbelanjalah di lingkungan sekitar Anda. Akan sangat menghemat biaya transportasi dan BBM Anda.
  11. Tanam pohon setiap ada kesempatan. Baik di lingkungan ataupun dengan berpartisipasi dalam program penanaman pohon. Bisa dengan menyumbang bibit, dana, dan lain-lain. Tergantung kesempatan dan kemampuan Anda masing-masing.

Di Rumah

  1. Turunkan suhu AC Anda. Hindari penggunaan suhu maksimal. Gunakan AC pada tingkatan sampai kita merasa cukup nyaman saja. Dan cegah kebocoran dari ruangan ber-AC Anda. Jangan biarkan ada celah yang terbuka jika Anda sedang menggunakan AC Anda karena hal tersebut akan membuat AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan Anda. Pada akhirnya hal ini akan menghemat tagihan listrik Anda.
  2. Gunakan timer untuk menghindari lupa mematikan AC. Gunakanlah timer sesuai dengan kebiasaan Anda. Misalnya jam kantor Anda adalah pukul 8.00 sampai 17.00. Set timer AC Anda sesuai dengan jam kantor tersebut. Dengan begitu tidak ada lagi insiden lupa mematikan AC hingga keesokan harinya.
  3. Gunakan pemanas air tenaga surya. Meskipun lebih mahal, dalam jangka panjang hal ini akan menghemat tagihan listrik Anda. (Bahkan saat ini sudah ada penerang jalan dengan tenaga surya).
  4. Matikan lampu tidak terpakai dan jangan tinggalkan air menetes. Selain menghemat energi dan air bersih, ini akan menghemat banyak tagihan Anda.
  5. Gunakan lampu hemat energi. Meskipun lebih mahal, rata-rata mereka lebih kuat 8 kali dan lebih hemat hingga 80 % dari lampu pijar biasa.
  6. Maksimalkan pencahayaan dari alam. Gunakan warna terang di tembok, gunakan genteng kaca di plafon, maksimalkan pencahayaan melalui jendela.
  7. Hindari posisi stand by pada elektronik Anda! Jika semua peralatan rumah tangga kita matikan (bukan dalam posisi stan by) maka kita akan mengurangi emisi CO2 yang luar biasa dari penghematan energi listrik. Gunakan colokan lampu yang ada tombol on-off-nya. Atau cabut kabel dari sumber listriknya.
  8. Jika pengisian ulang baterai Anda sudah penuh, segera cabut! Telepon genggam, pencukur elektrik, sikat gigi elektrik, kamera, dan lain-lain. Jika sudah penuh segera cabut.
  9. Kurangi waktu dalam membuka lemari es Anda. Untuk setiap menit Anda membuka pintu lemari es. Akan diperlukan 3 menit full energi untuk mengembalikan suhu kulkas ke suhu yang diinginkan.
  10. Jangan membeli bunga potong. Jika daerah Anda bukan penghasil bunga hias, maka bisa dipastikan bunga itu dikirim dari tempat lain. Hal ini akan menghasilkan “jejak karbon” yang besar.
  11. Potong makanan dalam ukuran yang lebih kecil. Ukuran potongan yang lebih kecil akan menggunakan energi lebih sedikit untuk memasaknya.
  12. Gunakan air dingin untuk mencuci dan cucilah dalam jumlah banyak. Jika Anda memiliki keluarga kecil, tidaklah perlu setiap hari mencuci. Kumpulkanlah sampai kapasitas mesin cuci Anda terpenuhi, hal ini akan menghemat air, mengurangi pemakaian listrik dan juga mengurangi pencemaran akibat deterjen Anda.
  13. Gunakan deterjen dan pembersih ramah lingkungan. Saat ini mungkin harganya memang lebih mahal. Tetapi bila Anda mampu, lakukanlah demi masa depan anak cucu kita.
  14. Gunakan ulang perabotan rumah Anda. Jika Anda sudah bosan dengan perabotan Anda, Anda bisa melakukan obral di garasi rumah, berikan kepada orang lain. Atau bawa ke pengerajin untuk dimodifikasi sesuai keinginan Anda.
  15. Donasikan mainan yang sudah tidak pantas untuk umur anak Anda. Hal ini akan mengurangi produksi mainan-mainan yang hanya akan terus menghabiskan sumber daya bumi kita.
  16. Jika menggunakan deodorant atau produk-produk semprot lainnya, jangan menggunakan aerosol. Pilihan spray dengan kemasan botol kaca akan lebih baik. Aerosol juga penyumbang besar dalam pencemaran udara kita.

Jadilah Sahabat Bumi!

Apakah kita pernah tersadar dimanakah kita sekarang ini? Kita sebagai manusia hidup di Bumi mulai dari lahir, kecil, beranjak dewasa, sampai kita meninggal. Kita sangat berhutang budi pada Bumi, planet tempat tinggal kita yang tercinta ini.

Tetapi, berapa banyak kita telah mengotori Bumi, merusak Bumi, dan membuat Bumi ini menjadi tidak indah lagi? Kadang-kadang kita tidak sadar bahwa perbuatan kita sangat merusak Bumi dan terkesan tidak berterima kasih pada Bumi yang telah berjasa banyak pada Bumi.

mau lebih lengkap klik download

Leave a comment